Improving teacher competence in designing minimum competency assessment tasks

Authors

  • Intan Sari Rufiana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Slamet Arifin Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Wahyudi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo, Indonesia
  • Tesya Mahdaniya Ode Naana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Astika Berliana Wanti Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Elsa Haruna Dewi Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.8725

Keywords:

minimum competency assessment, lesson study, teacher working group

Abstract

[Bahasa]: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berfungsi sebagai salah satu indikator untuk menilai kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan. Oleh karenanya, kemampuan menyusun soal berbasis AKM penting dimiliki oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun soal AKM. Metode dalam program pengabdian ini adalah lesson study. Lesson study terdiri dari tiga tahapan kegiatan yakni plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (merefleksikan). Mitra pengabdian adalah guru-guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru. Tahapan pelaksanaan pengabdian adalah perencanaan kolaboratif, pengajaran dan pengamatan, diskusi dan analisis, refleksi dan revisi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan berhasil meningkatkan kualitas guru dalam menyusun instrumen soal AKM dan selanjutnya menerapkan dalam pembelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan berhasil meningkatkan kualitas guru dalam menyusun instrumen soal AKM dan selanjutnya menerapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui bahwa dari hasil respon peserta pelatihan menyebutkan bahwa 35% peserta memberikan respon sangat puas, 55% puas, dan sisanya cukup puas. Respon peserta terhadap materi program pengabdian menunjukkan bahwa, sebanyak 60% sangat mengerti, 35% mengerti, dan sisanya cukup mengerti. Selain itu, berkaitan dengan tindak lanjut dari kegiatan PkM ini, 12 peserta menyatakan bersedia untuk mengimplementasikan hasil kegiatan PkM, 5 orang sangat bersedia, dan sisanya cukup bersedia. Kegiatan pelethan penyusunan soal AKM terbukti efektif dalam implementasiya sehingga dapat mendukung guru dalam memahami implementasi kurikulum merdeka secara komprehensif.

Kata Kunci: asesmen kemampuan minimum, lesson study, kelompok kerja guru

[English]: Minimum Competency Assessment (AKM) is an indicator of assessing students' ability to achieve educational goals. Therefore, teachers need to have the ability to develop AKM-based tasks to improve the quality of learning. This community service program aims to improve teachers' skills in designing AKM-based tasks. This program used a lesson study approach consisting of three stages: planning, implementation, and reflection. The participants were teachers of the Teacher Working Group (KKG) Cluster 8 of Lowokwaru District. The stages of implementing service are collaborative planning, teaching, observation, discussion and analysis, reflection, and revision. The results show that the training improved teachers' ability to design and apply AKM-based tasks in the learning process. The measurement of the training participants' responses shows that 35% responded very satisfied, 55% were satisfied, and the rest were quite satisfied. The participants' responses to the program's material showed that as many as 60% understood very well, 35% understood, and the rest understood quite well. Furthermore, regarding the follow-up to this PkM activity, 12 participants stated they were willing to implement the program results, five people were very willing, and the rest were quite willing. The training program for preparing AKM questions has proven to be effective in its implementation so that it can support teachers in comprehensively understanding the implementation of the independent curriculum.

Keywords: minimum ability assessment, lesson study, teacher working group

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128-135. https://doi.org/10.69775/jpia.v1i2.25

Ali, N. N., & Ni'mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 267-274.

Diakses di https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/4006

Burhanuddin, B., Muntari, M., Loka, I. N., Sofia, B. F. D., & Al Idrus, S. W. (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Lesson Study. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 47-52. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.2288

OECD, P. (2020). Infant mortality. Paris: oecd. Diakses di https://www.oecd-ilibrary.org/social-issues-migration-health/oecd-factbook-2010/infant-mortality_factbook-2010-86-en

Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Investigasi Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 615-619). Diakses di https://www.semanticscholar.org/paper/Penyusunan-Lembar-Kegiatan-Peserta-Didik-%28LKPD%29-II-Danial-Sanusi/4c82b6a9d5114136b13e34d26b01df2dbbea591d

Hidayat, A., Sumariyanto, I., & Rahman, M. H. (2023). Optimisasi Energi Melalui Pelatihan Mekanisasi Sistem Kontrol Mobil Listrik: Sebuah Pendekatan PkM. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 310-314. Diakses di https://www.researchgate.net/publication/376401698_Optimisasi_Energi_Melalui_Pelatihan_Mekanisasi_Sistem_Kontrol_Mobil_Listrik_Sebuah_Pendekatan_PKM

Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, pp. 775-792).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Purwati, P. D., Faiz, A., & Widiyatmoko, A. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) Kelas Jenjang Sekolah Dasar Sarana Pemacu Peningkatan Literasi Peserta Didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1). https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v19i1.39347

Putra, Y. (2010). Belajar dari Pembelajaran: Best Practice Implementasi Lesson Study. Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional. Diakses di https://lib-p4tksb.kemdikbud.go.id/slims/index.php?p=show_detail&id=4138&keywords=

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022, January). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 351-360). Diakses di https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253-261. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Sucilestari, R. & Arizona, K. (2019). Kelas Inspirasi Berbasis Media Real Melalui Pendekatan. Jurnal Transformasi. 15(1), 23–34. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.964

Wijaya, A., Dewayani, S., Effendi, A., & Gunawan, H. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1-107. Diakses di https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/download_file/688495_10

Zulaeha, I., Sulisyaningrum, S., Suratno, S., Pristiwati, R., Arsanti, M., & Supriyono, A. Y. (2021). Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural Bagi Guru MTs/SMP di Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(2), 01-06. Diakses di https://journal.unnes.ac.id/sju/JCE/article/view/48993

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rufiana, I. S., Arifin, S., Wahyudi, Naana, T. M. O. ., Wanti, A. B., & Dewi , E. H. (2024). Improving teacher competence in designing minimum competency assessment tasks. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 20(1), 170–180. https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.8725