Penguatan kompetensi guru Sekolah Menengah Pertama dalam menyusun perangkat pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5003Keywords:
community based research, kompetensi guru, model pembelajaran, perangkat pembelajaranAbstract
[Bahasa]: Kemampuan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terhadap (IT) Cendikia dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 belum memadai. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk 1) Melatih komunitas dampingan untuk memilih model pembelajaran dan merancang perangkat pembelajaran, 2) Mendampingi komunitas dalam membelajarkan siswa sesuai dengan perangkat yang telah dikembangkan, dan 3) Memperkuat peran stakeholder dalam meningkatkan kapasitas guru, dalam hal ini kompetensi pedagogik. Pendekatan pengabdian ini adalah Community Based Research (CBR). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah partisipatif (partisipatory). Komunitas mitra yang terlibat adalah guru-guru SMP IT Cendikia Takengon, sedangkan stakeholder dalam pengabdian ini adalah pimpinan SMP IT Cendikia dan Yayasan yang menaunginya. Tahapan pelaksanaan pengabdian dengan pendekatan CBR ini adalah peletakan dasar penelitian (laying the foundation), perencanaan penelitian, pengumpulan dan analisis data, dan langkah aksi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan yang telah dilakukan berhasil meningkatkan mutu guru dalam memilih model pembelajaran, mengembang-kannya menjadi perangkat pembelajaran yang selanjutnya menerapkannya dalam pembelajaran. Pemahaman guru terhadap sintaks model pembelajaran dan self-efficacy guru dalam menyusun perangkat pembelajaran juga menjadi lebih baik. Kegiatan pelatihan model pembelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran perlu dilakukan dengan lebih mendalam dengan model pembelajaran yang lebih variatif.
Kata Kunci: community based research, kompetensi guru, model pembelajaran, perangkat pembelajaran
[English]: Teachers’ ability in the junior secondary school of Cendikia to select and implement learning models in accordance with the demands of Curriculum 2013 is still inadequate. This community service program aimed to 1) Train junior high school teachers to choose learning models and design teaching tools, 2) assist the teachers to implement the teaching tools in their classrooms, and 3) strengthen the role of stakeholders in increasing teachers’ capacity. This community service approach was Community Based Research (CBR), and the method used in this service was participatory. The partner communities involved were teachers of SMP IT Cendikia Takengon, while the stakeholders in this service are the leaders of SMP IT Cendikia and the foundation that oversees them. The community service program consists of several stages: laying the foundation, research planning, data collection and analysis, and action. The results showed that the training has succeeded in improving the quality of teachers in choosing learning models, developing them into learning tools, and then implementing them in learning. Teachers' understanding of the syntax of the learning model and their self-efficacy in developing learning tools also improved. Training activities on learning models and preparation of learning tools need to be carried out in more depth with more varied learning models.
Keywords: community-based research, teachers’ competency, learning models, teaching tools
Downloads
References
Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokrasi, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98–106. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106
Burns, J. C., Cooke, D. Y., & Schweidler, C. (2011). A short guide to community based participatory action research. Advancement Project, Healthy City, Los Angeles.
Chao, C. N. G., Sze, W., Chow, E., Forlin, C., & Ho, F. C. (2017). Improving teachers’ self-efficacy in applying teaching and learning strategies and classroom management to students with special education needs in Hong Kong. Teaching and Teacher Education, 66, 360–369. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.05.004
De Smul, M., Heirweg, S., Van Keer, H., Devos, G., & Vandevelde, S. (2018). How competent do teachers feel instructing self-regulated learning strategies? Development and validation of the teacher self-efficacy scale to implement self-regulated learning. Teaching and Teacher Education, 71, 214–225. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.01.001
Demange, É., Henry, É., & Préau, M. (2012). From collaborative research to community-based research: a methodological toolkit. ANRS.
Fahmi, A., & Astuti, A. P. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kesulitan belajar kimia kelas XI SMA N 11 Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1359–1364. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14059
FKIP UNS, P. (2018). Analisis Isi Dokumen Lembar Kegiatan Peserta Didik. http://ppg.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/ANALISIS-ISI-DOKUMEN-LEMBAR-KEGIATAN-PESERTA-DIDIK-LKPD.pdf
Gustina, Y. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Herliani, A.A., & Wahyudin, D. (2018). Pemetaan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru pada dimensi pedagogik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 134–148. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19825
Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Israel, B. A., Coombe, C. M., Cheezum, R. R., Schulz, A. J., McGranaghan, R. J., Lichtenstein, R., Reyes, A. G., Clement, J., & Burris, A. (2010). Community-based participatory research: a capacity-building approach for policy advocacy aimed at eliminating health disparities. American Journal of Public Health, 100(11), 2094–2102. Diakses di: https://ajph.aphapublications.org/doi/full/10.2105/AJPH.2009.170506
Israel, B. A., Schulz, A. J., Coombe, C. M., Parker, E. A., Reyes, A. G., Rowe, Z., & Lichtenstein, R. L. (2019). Community-based participatory research. Urban Health, 272.
Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3).
https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Klaassen, C. A. (2002). Teacher pedagogical competence and sensibility. Teaching and Teacher Education, 18(2), 151–158. https://doi.org/10.1016/S0742-051X(01)00060-9
Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). 192-201. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Margolis, H., & McCabe, P. P. (2006). Improving self-efficacy and motivation: What to do, what to say. Intervention in School and Clinic, 41(4), 218–227. https://doi.org/10.1177/10534512060410040401
Mirzagitova, A. L., & Akhmetov, L. G. (2015). Self-Development of Pedagogical Competence of Future Teacher. International Education Studies, 8(3), 114–121.
Mulyawan, B. (2013). Pengaruh pengalaman dalam pelatihan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru. Media Komunikasi FPIPS, 11(1), 45-65. https://doi.org/10.23887/mkfis.v11i1.453
Satcher, D. (2005). Methods in community-based participatory research for health. John Wiley & Sons.
Schleicher, A. (2016). Teaching excellence through professional learning and policy reform. Lessons from Around the World, International Summit on the Teaching Profession.
Shoimov, S. (2020). Ways to Develop Pedagogical Competence in Foreign Language Teaching. ?????? ??????????? ?????? ? ???????????, 1(1), 88–92.
Sobandi, A. (2010). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMKN Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 9(2), 25–34. https://doi.org/10.17509/manajerial.v9i2.1799
Sullivan, S., & Glanz, J. (2013). Supervision that improves teaching and learning: Strategies and techniques. Corwin Press.
Sulthon, N. Z., Mansur, M., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Kualitas Guru dan Produktivitas Mengajar Terhadap Akselerasi Siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(18), 122-136.
Universitas Sanata Darma. (2018). Instrumen Penilaian Kinerja Guru SMP/SMA-Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/ppgdaljab/INST SMP.A RPP.pdf
Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79-92. https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ega Gradini, Rahmy Zulmaulida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.