Workshop pembuatan dan analisis butir soal menggunakan Iteman pada Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kecamatan Sungai Ambawang

Authors

  • Hodiyanto Hodiyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.578

Keywords:

workhshop, iteman, item analysis

Abstract

[Bahasa]Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan pengetahuan bagi guru-guru Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kecamatan Sungai Ambawang mengenai konsep dalam pembuatan soal dan analisis butir soal yang baik, (2) untuk meningkatkan kemampuan guru Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kecamatan Sungai Ambawang dalam melakukan analisis butir soal. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) metode ceramah, (2) metode penugasan, dan (3) metode Praktik. Setelah kegiatan pelatihan ini berdasarkan hasil responsi dari peserta adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi guru-guru khususnya guru Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kecamatan Sungai Ambawang. Hal ini dikarenakan dapat menambah dan meningkatkan pemahaman guru dalam penyusunan dan pembuatan soal yang baik dan benar. (2) Kegiatan workshop ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menganalisis soal tersebut dengan aplikasi iteman.

Kata Kunci: wokhshop, iteman, analisis butir soal

[English]This community service program which held in Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Ambawang aims to: (1) improve knowledge of teachers in the development and analysis of a good item; (2) improve the teacher ability in analysing items. The methods used in the program were: (1) lecture method, (2) method of assignment, and (3) Practice method. The program results are: (1) This workshop activity was very beneficial for teachers especially Madrasah Aliyah Miftahul Huda teacher of Sungai Ambawang. Teacher's understanding in the preparation and preparation of good and right questions increases. (2) This workshop activity can improve the ability of teachers to analyze these questions with the Iteman application.

Keywords: workhshop, iteman, item analysis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. N. & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X, No. 1. Hal. 1-26.

Arvianto, I. R. (2016). Pemanfaatan Program Iteman 3.0 Untuk Analisis Butir Soal Lomba Cerdas Cermat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Tingkat Sma Sederajat. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 11(33).

Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian Prestasi belajar. Surakarta: UPT UNS Press.

Hodiyanto, H. (2018). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Matematika Sekolah Menengah Pertama. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 53-60.

Rosana, D & Setyawarno, D. (2016). Statistik Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Suzana, A. (2018). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir-Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Purbalingga. JURNAL ILMIAH MATHGRAM Program Studi Matematika, 2 (2).

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Hodiyanto, H., & Saputro, M. (2018). Workshop pembuatan dan analisis butir soal menggunakan Iteman pada Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kecamatan Sungai Ambawang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 85–90. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.578

Most read articles by the same author(s)