Memasyarakatkan matematika melalui peran keluarga

Authors

  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak
  • Wandra Irvandi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.577

Keywords:

socialize, mathematic, family role

Abstract

[Bahasa]Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa penyuluhan dengan judul “Memasyarakatkan Matematika Melalui Peran Keluarga”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Batu Ampar. Peserta kegiatan PKM ini adalah orang tua siswa yang berdomisili di desa Batu Ampar, yang berjumlah 30 orang. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk: (1) memberikan penyuluhan kepada masyarakat Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya tentang memotivasi dan menumbuhkan minat terhadap matematika; (2) mengetahui tanggapan masyarakat terhadap penyuluhan tentang memasyarakatkan matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa penyuluhan Memasyarakatkan Matematika Melalui Peran Keluarga di Batu Ampar ini dapat disimpulkan yaitu: (1) kegiatan penyuluhan memberikan informasi dan motivasi kepada orang tua selaku keluarga yang mempunyai peran penting dalam melakukan pendampingan belajar anak di rumah sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika anak; (2) kegiatan pelatihan ini perlu diadakan kembali untuk daerah yang lain sehingga dapat menambah pengetahuan dan informasi yang akurat kepada keluarga betapa pentingnya peran mereka sebagai pendamping belajar anak.

Kata kunci: Memasyaratkan, Matematika, Peran keluarga

[English]: This community service program is in the form of counseling with the title "Socializing Mathematics through the Role of Families." This program was carried out in the Batu Ampar Village Hall. The participants are thirty parents of students who live in Batu Ampar village. The program aims to: (1) provide counseling to the people of Batu Ampar Subdistrict, Kubu Raya Regency about motivating and fostering interest in mathematics; (2) knowing the community's response to counseling about socializing mathematics. Community service activities in the form of counseling Socializing Mathematics through the Role of Families in Batu Ampar can be concluded, namely: (1) extension activities provide information and motivation to parents as families who have an important role in assisting child learning at home as an effort to improve the quality of learning especially children's mathematics subjects; (2) this training activity needs to be held again for other regions so that it can add accurate knowledge and information to the family how important their role is as a child learning companion.

Keywords: socialize, mathematic, family role

Downloads

Download data is not yet available.

References

LPKM. 2017. Buku Panduan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat IKIP PGRI Pontianak. Pontianak: LPKM.

Siskandar. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Anak Usia Dini. Buletin PADU: Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Vol 2: 21-22.

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Raudhoh. 2017. Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol 2, no. 1. Hlm: 83-108.

Subianto, J. 2013. Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter yang Berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol 8, no. 2. Hlm: 331-354.

Hulukati, W. 2015. Peran Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Anak. MUSAWA. 7 (2): 265-282.

Agustin, D.S.Y., Suarmini, N.W., & Prabowo, S. 2015. Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora. 8 (1): 46-54.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Saputro, M., Firdaus, M., Darma, Y., Haryadi, R., Hartono, H., Ardiawan, Y., Susiaty, U. D., Oktaviana, D., & Irvandi, W. (2018). Memasyarakatkan matematika melalui peran keluarga. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 77–84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.577