Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif

Authors

  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak
  • Chandra Lesmana IKIP PGRI Pontianak
  • Ryan Permana IKIP PGRI Pontianak
  • Matsun Matsun IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587

Keywords:

media, multimedia, interactive

Abstract

[Bahasa]Program PKM  ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keterampilan guru merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif; (2) keterampilan guru dalam pelaksanaan pelatihan dan respon guru SMP N 8 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya  melalui kegiatan ini yang meliputi penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Metode yang digunakan adalah adalah metode deskrptif. Langkah-langkah yang digunakan yaitu sosialisasi, ceramah, latihan dan pendampingan, evaluasi. Pelaksanaan dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, dimana pertemuan pertama berupa penyajian materi, dan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan media hingga selesai, dan terakhir dilakukan evaluasi berupa peserta mempresentasikan media yang telah dibuat dan respon peserta terhadap pelatihan melalui pengisian angket. Hasil yang diperoleh peserta dapat membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan software sothink swf easy. Hasil respon peserta  melalui wawancara diperoleh hasil 100% peserta memberikan respon positif terhadap pernyataan positif yang dimintai tanggapan. Selain itu, 75% peserta memberikan saran untuk terus melaksanakan kegiatan pelatihan ini secara berkala.

Kata Kunci: media, multimedia, interaktif

[English]: The purposes of this community service program are to improve: (1) teacher skills in designing and developing interactive multimedia-based learning media; (2) the skills of teachers in the implementation of training and response of teachers in Sungai Nap Middle School 8 N Kubu Raya District through this activity which includes the use of interactive multimedia-based learning media. The method used is descriptive method. The steps used are socialization, lecture, training and mentoring, evaluation. The implementation was carried out in the five meetings. The first meeting was in the form of material presentation, and continued with assistance in making the media to completion, and finally an evaluation in the form of participants presenting the media that had been made and participants' responses to the training through filling out questionnaires. The results obtained by participants can make interactive multimedia-based learning media using Sothink Swf easy software. The results of the participants' responses through interviews showed that 100% of participants responded positively to the positive statements asked for responses. In addition, 75% of participants gave suggestions to continue to carry out these training activities regularly.

Keywords: media, multimedia, interactive

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wena, Made. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, Abdullah Ridwan. 2017. Pembelajaran Saintifik unruk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587

Most read articles by the same author(s)