Main Article Content
Abstract
With the implementation of online learning due to COVID-19 by the Indonesian government, it has greatly impacted the psychology of student learning, especially high school/vocational students. The Karang Buaya neighborhood of Mataram City is one of the areas where high school/vocational high school students learn to use online learning. The environment is one of the factors that can affect student learning, because students are less able to control themselves to focus on online learning. Learning through the internet is a new thing for students because the quota to access the internet and the network is less stable. This certainly interferes with the effectiveness of learning, slowness of thinking, weakened immunity, boredom and lack of social interaction. The purpose of this research is to find out the form of online learning, learning psychology symptoms and how high school/vocational high school students cope with learning psychology symptoms. Sources of data obtained from interviews with high school/vocational students who use online learning. The research approach used is descriptive qualitative. Collecting data by observation, interviews and documentation. The results showed that online learning was not effective for students because it had an impact on student learning psychology. However, with this, students can overcome the way of learning with their own will so that high school / vocational students are more comfortable in learning.
Pembelajaran daring selama pandemic COVID-19 memberikan dampak psikologis bagi siswa termasuk siswa SMA/SMK. Lingkungan Karang Buaya Kota Mataram menjadi salah satu daerah yang mempunyai siswa-siswi SMA/SMK yang belajar menggunakan pembelajaran online. Lingkungan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi belajar siswa, karena siswa kurang mampu mengendalikan diri untuk fokus dalam belajar daring. Belajar melalui jaringan internet menjadi hal baru yang dilakukan siswa karena kuota untuk mengakses internet dan jaringan kurang stabil. Hal ini tentu mengganggu keefektifan belajar, kelambanan berfikir, kekebalan tubuh melemah, bosan dan kurangnya interaksi sosial. Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pembelajaran daring, gejala psikologi belajar dan cara siswa SMA/SMK mengatasi gejala psikologi belajar. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan siswa SMA/SMK yang menggunakan pembelajaran daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran daring tidak efektif bagi siswa karena berdampak terhadap psikologi belajar siswa. Namun dengan hal itu siswa dapat mengatasi cara belajar dengan kehendak masing-masing agar siswa SMA/SMK lebih nyaman dalam belajar.
Keywords
Article Details
References
- Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7(5). 396
- Cahyanti, N. & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah saat Pandemic COVID-19. Jurnal Golden Age. 4(1). 56
- Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19. Baskara Journal of Business and Entrepreneurship. 2(2). 83
- Handayani, D. & Hadi, D. R. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. 40(2). 120
- Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi. 2(1). 63-64
- Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologi Siswa Terdampak Social distancing Akibat COVID-19. Jurnal Al-Mau’izah. 2(2). 4
- Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 15(1). 131
- Nakayama M, Yamamoto H, & Santiago. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of E-Learning. 5(3). 54
- Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. jurnal BINUS University. 5(2). 1112
- Pandu Riono. “Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januari”. Dalam. kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari. Diakses tanggal 15 januari 2020, pukul 22:39.
- Pintek. “Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Musim Pandemi”. dalam http://pintek.id/blog/minat-belajar-siswa/. diakses tanggal 19 mei 2020, pikul 16:08.
- Putri, L. W. (2020). Dampak Psikologi Pada Mahasiswa Baru Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi. 2(3). 4
- Rahmana, E. “Gejala Psikologi Siswa Dalam Belajar”. dalam dosenpsikologi.com/gejala-psikologi-siswa-dalam-belajar/amp. diakses pada tanggal 9 februari 2021. pukul 13.42.
- Rusman. (2007). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Sakerebau, J. (2010). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. 1(1). 100
- Sari, D. P. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivai Belajar Peserta Didik Di SAMN 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 5(1). 80-88
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 72-74
- Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. 5(2). 68
- Zulkiflimansyah. “Kota Mataram Tertinggi Kasus Penyebaran COVID-19 di NTB”, dalam regional.inews.id/amp/berita/kota-mataram-tertinggi-kasusu-penyebaran-covid-19-di-ntb. diakses tanggal 2 Januari 2021, pukul 11.19.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7(5). 396
Cahyanti, N. & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah saat Pandemic COVID-19. Jurnal Golden Age. 4(1). 56
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19. Baskara Journal of Business and Entrepreneurship. 2(2). 83
Handayani, D. & Hadi, D. R. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. 40(2). 120
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi. 2(1). 63-64
Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologi Siswa Terdampak Social distancing Akibat COVID-19. Jurnal Al-Mau’izah. 2(2). 4
Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 15(1). 131
Nakayama M, Yamamoto H, & Santiago. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of E-Learning. 5(3). 54
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. jurnal BINUS University. 5(2). 1112
Pandu Riono. “Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januari”. Dalam. kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari. Diakses tanggal 15 januari 2020, pukul 22:39.
Pintek. “Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Musim Pandemi”. dalam http://pintek.id/blog/minat-belajar-siswa/. diakses tanggal 19 mei 2020, pikul 16:08.
Putri, L. W. (2020). Dampak Psikologi Pada Mahasiswa Baru Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi. 2(3). 4
Rahmana, E. “Gejala Psikologi Siswa Dalam Belajar”. dalam dosenpsikologi.com/gejala-psikologi-siswa-dalam-belajar/amp. diakses pada tanggal 9 februari 2021. pukul 13.42.
Rusman. (2007). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sakerebau, J. (2010). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. 1(1). 100
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivai Belajar Peserta Didik Di SAMN 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 5(1). 80-88
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 72-74
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. 5(2). 68
Zulkiflimansyah. “Kota Mataram Tertinggi Kasus Penyebaran COVID-19 di NTB”, dalam regional.inews.id/amp/berita/kota-mataram-tertinggi-kasusu-penyebaran-covid-19-di-ntb. diakses tanggal 2 Januari 2021, pukul 11.19.