Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kimia kelas X SMA Negeri 1 Brang Rea t.a 2019/2020 secara multivarian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain possttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Brang Rea t.a 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dengan siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk hasil belajar dan angket untuk data motivasi siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai sig. 0,001 < 0,05 artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 7E dengan peserta didik yang diajar dengan model konvensional secara multivariat.

Keywords

Learning Cycle 7E Hasil Belajar Motivasi

Article Details

How to Cite
Aprianingsih, E., Bahtiar, B., & Raehanah, R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KIMIA KELAS X SMAN 1 BRANG REA TAHUN PELAJARAN 20119/2020. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 2(2), 146–162. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2689

Most read articles by the same author(s)