El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA adalah terbitan berkala yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (e) 2655-7746,  (p) 2087-3638. El-Tsaqâfah: Jurnal Jurusan PBA menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, linguistik, dan bahasa Arab. 

Focus and Scope

Jurnal El-Tsaqafah(E-ISSN: 2655-7746 P-ISSN: 2087-3638) adalah jurnal pendidikan yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri Mataram. Ini diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juni dan Desember).
Fokus dan cakupan Jurnal El-Tsaqafah adalah sebagai berikut:
1) Bahasa Arab
2) Pembelajaran Bahasa Arab
3) Penelitian tindakan kelas;
4) Kajian pemikiran dan kebijakan dunia pendidik.

Alamat Redaksi

Jurnal El-Tsaqafah
Fakultas Pendidikan dan Keguruan UIN Mataram
jl. Gajah Mada No. 100 Jempong, Mataram, NTB
Website: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah
E-mail: el-tsaqafah@uinmataram.ac.id 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Artikel yang dikirimkan ke jurnal ini akan melewati 2 tahap review, yaitu pra-penelaahan (pre-review) dan penelaahan (review) substansi. Pra-penelaahan artikel dilakukan oleh tim penyunting (editor) untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya selingkung. Pemeriksaan unsur plagiasi dilakukan melalui pencarian di Google Scholar dan Turnitin. Lama waktu Pra-penelaahan antara 1-2 minggu. Penelaahan substansi dilakukan oleh setidaknya 2 orang mitra bestari (penelaah / reviewer) secara single-blind. Lama waktu review antara 3-8 minggu. Jika dikehendaki, reviewer dapat meminta review ulang setelah penulis merevisi artikelnya.

Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan atau rekomendasi mereka. Akan ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi pengulas:

  1. Accept Submission: Pengajuan akan diterima tanpa revisi.

  2. Revisions Required: Pengajuan akan diterima setelah perubahan kecil telah dilakukan. Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang direvisi yang dikembalikan lebih dari 20 hari akan dianggap sebagai pengiriman baru. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke editorial melalui Online Submission Interface.

  3. Resubmit for Review: Pengajuan harus dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan, dapat diterima. Akan membutuhkan tinjauan ulang babak kedua.

  4. Decline Submission: Pengajuan tidak akan dipublikasikan di jurnal.

Keputusan diterima tidaknya artikel untuk diterbitkan menjadi kewenangan Ketua Editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah di-layout akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor regular terbit sesuai jadwal agar segera dapat di-index dan citable.

Jika Anda menghendaki menjadi reviewer di Jurnal El-Tsaqafah, silahkan lengkapi isian formulir permohonan online. Anda harus menyertakan deskripsi bidang peminatan riset Anda. Kami akan mendaftarkan Anda sebagai reviewer dan penulis ke Jurnal El-Tsaqafah dalam 3 hari kerja. Informasi akun berupa username dan password akan dikirimkan ke email Anda.

Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal El-Tsaqafah direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (Reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting dalam forum Sidang Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bebestari (Reviewer).

Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Google Scholar, dan Grammarly.

Publication Frequency

Jurnal ini diterbitkan secara rutin dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.

Open Access Policy

Jurnal El-Tsaqafah menyediakan akses terbuka seketika terhadap kontennya dengan berpegang pada prinsip bahwa dengan membuat penelitian tersedia secara bebas bagi publik akan mendukung pertukaran pengetahuan secara lebih global. Artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia dan bebas diunduh dari portal Jurnal El-Tsaqafah ini.

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS dan CLOCKKS untuk menciptakan sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan.

Author free of Charge

Tidak ada biaya untuk penulis untuk mengirimkan, memproses, dan menerbitkan artikel. Sebagai penulis, pembaca dapat membaca atau mengunduh artikel jurnal teks lengkap secara gratis. Namun, bagi penulis atau pembaca yang ingin memiliki versi cetak jurnal dikenakan biaya pencetakan dan pengiriman. Penulis atau pembaca harus membayar Rp. 100.000 untuk 2 eksemplar. Biaya pengiriman sesuai dengan lokasi (cek di sini untuk biaya pengiriman).