Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak di jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan dalam Komentar untuk Editor).
  • File pengajuan telah diformat sesuai dengan format Jurnal Tatsqif. File yang yang dikirim sudah dalam format DOC Microsoft Word atau RTF.
  • Semua referensi yang digunakan telah disediakan. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan. Catatan referensi yang digunakan telah dihapus.

Author Guidelines

Hal yang perlu diperhatikan penulis sebelum mengirim naskah: 

  • Apakah naskah Anda sesuai dengan cakupan dan batasan Jurnal Tatsqif?
  • Apakah Anda telah mempelajari template dan format naskah Jurnal Tatsqif? Download template dan format naskah Jurnal Tatsqif di sini!
  • Apakah naskah telah ditulis sesuai dengan template dan format Jurnal Tatsqif? 
  • Jika telah sesuai, selanjutnya silahkan pelajari proses pengiriman naskah berikut ini:

PROSES PENGIRIMAN NASKAH

Persiapan

  • Pastikan naskah telah mengikuti format naskah Jurnal Tatsqif (download)
  • Jika belum memiliki akun di Jurnal Tatsqif, silahkan registrasi sebagai penulis. 

Loggin ke halaman Jurnal Tatsqif, kemudian klik Mak a submission dan selanjutnya  Make a new submission. Kemudian ikuti 5 langkah penyerahan naskah berikut ini:

Step 1 – Memulai Pengumpulan

Berikan tanda pada setiap checklist. Sampaikan comment kepada Editor jika diperlukan.  Kemudian, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 2 – Mengupload Naskah

Upload naskah tulisan anda dengan cara klik ‘Choose file’ kemudian klik ‘upload’. Gunakan format file doc atau rtf. Selanjutnya, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 3 – Mengimput Metadata Naskah

Input metadata naskah yang meliputi: identitas penulis, judul dan abstrak naskah, kata kunci, daftar pustaka dan sebagainya. Data yang diberi tanda bintang, harus diisi. Khusus untuk daftar pustaka, gunakan sistematika penulisan daftar pustaka yang baku, misalnya APA Style, MLA, atau Chicago Style. Berikan jarak 1 spasi untuk masing-masing sumber pustaka. Kemudian, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 4 – Mengupload File Pendukung (Opsional)

Pada bagian ini, upload file pendukung naskah anda, seperti dokumen terkait dengan analisis data dan dokumen pendukung lainnya yang tidak dapat dimasukkan ke dalam naskah akan tetapi penting untuk diketahui oleh reviewer. Selanjutnya, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 5 – Konfirmasi Pengumpulan Naskah

Pada bagian ini penulis akan ditunjukan ringkasan informasi naskah yang telah dikirim, Sebelum finalisasi, penulis dianjurkan untuk mengecek informasi tersebut dan jika sudah sesuai penulis dapat mengklik tombol ‘Final Submission’  untuk mengakhiri proses pengumpulan naskah. Setelah proses ini, penulis akan mendapatkan email konfirmasi dan dapat memantau status tulisannya setiap saat pada link yang yang diberikan. 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini hanya akan digunakan secara eksklusif untuk jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.