Archives

  • Vol. 22 No. 2 (2024)

    This issue of Tatsqif Journal features educational research from authors and co-authors across Indonesia, Malaysia, Nigeria, New Zealand, and the United States of America (5 countries). This journal issue explores diverse educational themes, including innovative approaches and independent learning at higher education, insights into bullying experiences in elementary schools, and the philosophical nature of teachers as viewed by KH. Hasyim Asy’ari and Imam Nawawi. Another article examines the impact of social media on high school students’ reading culture in Osun State and highlights the role of class teachers in fostering self-confidence at an Indonesian school in Kuala Lumpur. Additionally, it addresses science learning innovations linked to ecotourism and family engagement, aimed at supporting students' higher-order thinking skills (HOTs). The studies offer practical and theoretical insights.

     

  • Vol. 22 No. 1 (2024)

    This issue of Tatsqif Journal features educational research from authors and co-authors across Indonesia, Malaysia, Nigeria, South Africa, Australia, Taiwan, and the Philiphines (7 countries). Topics include understanding climate change, disaster risks, and vulnerability in education, as well as promoting religious moderation in Indonesia through the framework of the common good. Another article examines the impact of digital learning strategies on students' performance and explores self-help skills development for pupils with intellectual disabilities. Other studies highlight the availability of e-learning technologies in Nigerian universities and evaluate the GO-LAB-based Inquiry Learning Space for science education in Indonesian schools, emphasizing innovative and inclusive approaches to global and local educational challenges.

  • INTEGRASI DAN IMPLIKASI TEKNOLOGI DIGITAL PADA DUNIA PENDIDIKAN
    Vol. 17 No. 1 (2019)

    Edisi ini mengungkkap hasil penelitian terkait dengan pengaruh, dampak, implementasi atau integrasi teknologi digital dalam dunia pendidikan.
    Kajian pada edisi ini meliputi studi tentang: (1) ortodoksi dan heterodoksi nilai-nilai di pesantren (studi kasus pada perubahan perilaku santri di era teknologi digital), (2) efektivitas pembelajaran berbasis daring (sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris), (3) media sosial dan pembelajaran (studi efektivitas penggunaan facebook dalam pembelajaran bahasa inggris),  (4) smart techno parenting sebagai alternatif pendidikan anak pada era teknologi digital, (5) sosial media dan prestasi belajar (studi hubungan penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa, (6) pembelajaran berbasis digital (studi penggunaan geogebra berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika), dan (7) Studi pengembangan konten Blanded Learning di perguruan tinggi.

  • PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN INTERVENSI PENDIDIKAN
    Vol. 16 No. 2 (2018)

    Pengembangan intervensi pendidikan melalui skema riset mendapatkan perhatian yang semakin serius di kalangan peneliti pendidikan beberapa dekade terakhir ini. Volume ini memaparkan sejumlah hasil penelitian penerapan dan pengembangan intervensi di bidang pendidikan, baik dalam skala besar (kurikulum) maupun dalam skala kecil (kegiatan dan media pembelajaran).

  • PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0
    Vol. 16 No. 1 (2018)

    Pada era industri 4.0, peranan teknologi digital dalam pembelajaran semakin krusial. Para praktisi pendidikan mendapatkan dirinya dalam kebingungan mengenai bagaimana memaksimalkan peranan teknologi digital dalam pembelajaran. Oleh karena itu, volume ini memuat sejumlah hasil kajian pakar di bidang teknologi pendidikan tentang bagaimana memaksimalkan penggunakan teknologi dalam dunia pendidikan guna menghadapi era Industri 4.0.

  • EVALUASI DAN PENILAIAN PENDIDIKAN
    Vol. 15 No. 2 (2017)

    Penilaian pembelajaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari suatu proses pendidikan.  Penilaian pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan, misalnya formatif, sumatif, praktik, otentik, dan sebagainya. Pada volume ini, peneliti memaparkan sejumlah aspek terkait dengan penelitian di bidang penilaian pendidikan. 

  • MODEL DAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN
    Vol. 15 No. 1 (2017)

    Sebuah model pembelajaran melalui serangkaian proses pengujian untuk dapat diakui sebagai suatu model pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Volume ini memaparkan berbagai hasil penelitian di bidang penerapan dan pengujian efektivitas dari suatu model pembelajaran. 

  • MASALAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
    Vol. 14 No. 2 (2016)

    Buruknya prestasi belajar,  rendahnya hasil belajar, kurangnya motivasi belajar, buruknya pemahaman siswa dalam sejumlah topik pembelajaran adalah sejumlah bentuk masalah pembelajaran dalam dunia pendidikan. Volume ini memaparkan sejumlah hasil penelitian terkait efektivitas sejumlah intervensi untuk menyelesaikan masalah pembelajaran di dunia pendidikan. 

  • PERANAN LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN
    Vol. 14 No. 1 (2016)

    Lingkungan dimana siswa tinggal diyakini adalah salah satu pembentuk karakter siswa dan mempengaruhi konsepsi siswa tentang suatu objek kajian. Volume ini memaparkan sejumlah penelitian yang terkait dengan pengaruh lingkungan terhadap dunia pendidikan anak.