Main Article Content

Abstract

Dari awal perkembangan evaluasi pendidikan sekitar tahun 1960-an sampai sekarang, tokoh-tokoh evaluasi telah mengembangkan sekitar puluhan model-model evaluasi. Berbagai model ini pula didasarkan pada pendekatan, bentuk-bentuk dan tujuan evaluasi. Model-model ini digunakan untuk mengevaluasi program atau kegiatan dalam berbagai aspek, baik itu dalam bidang politik, ekonomi, hukum, budaya dan pendidikan. Evaluasi program pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau dilanjutkan. Diantara sekian banyak tokoh dalam berbagai model dan dan pendekatannya, salah satu tokoh evaluasi pendidikan yang terkenal adalah Ralp W Tyler. Ia berpendapat bahwa evaluasi adalah suatu proses menentukan apakah tujuan telah terealisasi atau belum. Penentuan pencapaian terhadap tujuan telah terealisasi atau belum, dirumuskan dengan 7 (tujuh) langkah evaluasi berorientasi tujuan Tyler. Tulisan ini bertujuan untuk menerangkan konsep, langkah dan tujuan dari model evaluasi yang dipelopori oleh Ralph W Tyler.

Keywords

Evaluasi Program Berorientasi Tujuan Ralph W Tyler

Article Details

How to Cite
Nurman, Muhammad. 2016. “EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN: ‘PEDEKATAN EVALUASI PROGRAM BERORIENTASI TUJUAN (GOAL-ORIENTED EVALUATION APPROACH: RALPH W. TYLER)’”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 15 (2):203-12. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v15i2.254.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara, 2004
  2. Brinkerhoff, Robert O., dkk. Program Evaluation A Practutioner’s Guide For Trainers and Educators, Boston : Kluwer Nijhoff Publishing, 1983
  3. Djaali dan Muljono. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Program Pascasarjana UNJ, 2004
  4. Fitzpatrick, Jody L, Sanders, James R, Worthen, Blaine R, Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines, Pearson Education, 2004
  5. Musa, Subari. Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, Y-Pin Indonesia, Bandung, 2005
  6. Oriondo, Leonora Layola and Eleanor M. Dallo Antonio, Evaluating Educational, Outcomes, Manila : Rex Book Store, 1998
  7. Patton, Michael Quinn, Metode Evaluasi Kualitatif, Terjemahan,Jakarta: Pustaka Pelajar, 2009
  8. Popham, W. James, Modern Educational Evaluation, Englewood Clifts, New Jersey, Prentice Hall Inc, 1981
  9. Rutman, Leonard, Evaluation Research Methodology, New Delhi: Sage Publishing India PUT. Ltd, 2 ed, 1984
  10. Sutikno, Muzayanah, Modul kuliah Evaluasi Program, Jakarta, 2011 Tassmer, Martin. Planning and Conductioning Formatif Evaluation, London : Kogan Page, 1995
  11. Thorndike, R.L and E.P. Hagen, Measurement and Evaluation in Psychology and Education, New York : MacMillan Publishing Company, 1991
  12. A. Toha, M. Chabib, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1991