PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES TERTULIS BENTUK URAIAN UNTUK PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MASALAH MATERI FIQH

Authors

  • Mochamad Zaenal Muttaqin Yayasan Pondok Pesantren Khozinul Ulum, Sidoarjo
  • Kusaeri Kusaeri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1154

Keywords:

Taksonomi Bloom, non objektif, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian tes
tertulis bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis
masalah pada materi Fiqh. Tes tertulis yang dikembangkan didesain dengan
mengacu pada Taksonomi Bloom edisi revisi. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1)
menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal (3) menelaah soal (4) memperbaiki
tes (5) melakukan uji coba (6) menganalisis butir soal (7) menafsirkan hasil
uji coba. Uji coba instrumen dilakukan di MTSN 4 Sidoarjo, pemilihan subjek
coba dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana. Pengujian kualitas
instrumen menggunakan bantuan software excel. Parameter butir dianalisis
menggunakan teknik klasik yang meliputi: tingkat kesulitan dan daya
pembeda soal. Validitas isi instrumen diperoleh dari penilaian pakar dengan
menggunakan lembar validasi. Reliabilitas tes dianalisis menggunakan
persamaan Flanagan. Penelitian ini menghasilkan enam butir soal tes tertulis
bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis
masalah. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dihasilkan
sangat valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,6. Butir-butir tes
memiliki parameter tingkat kesulitan pada rentang 0,3 – 0,7 dengan indeks
kesulitan terrendah adalah 0,53 dan tertinggi adalah 0,70. Daya pembeda
berada pada rentang 0,3-0,4 dengan indeks daya pembeda terendah adalah
0,24 dan tertinggi 0,36. Instrumen memiliki reliabilitas yang sangat tinggi
yaitu 0,819.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Anderson, L., & Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Addison Wesley Longman.

Brookhart. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASDS.

Fauziah, L. (2016, November 23). Kekerasan Anak Justru Banyak Terjadi di Desa. Retrieved from Metrotvnews: http://www.metrotvnews.com

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung: Revika Aditama.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusaeri, K. (2014). Acuan dan Teknik proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruqq Media.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Masidjo. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah.Yogyakarta: Kanisius.

Rosana, D. (2011). Model Evaluasi UT. Yogyakarta: Universitas Terbuka.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah.

Pendidikan Inovatif, 1-20.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil dan Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.Sukmadinata, N. S. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja

Remaja Karya.

Sumritin. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Highr Order Thinking Siswa SMP dalam Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta:

UNY.

Surapranata, S. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Willy, A. (2016). Kasus Pencabulan Anak. Siduarjo: Jawa Pos. Zaenul, A. (2005). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen DIKTI.

Downloads

Published

2017-06-27