SMART TECHNO PARENTING: ALTERNATIF PENDIDIKAN ANAK PADA ERA TEKNOLOGI DIGITAL

Authors

  • Hasan Baharun Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
  • Febri Deflia Finori Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625

Keywords:

Digital Technology Era, Children, Era Teknologi Digital, Anak, Smart Techno Parenting

Abstract

Abstrak
Penelitian ini adalah kajian pustaka yang mengungkap tentang bagaimana cara mendidik dan mempersiapkan anak di era tekhnologi digital. Era digital merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mendidik putra putrinya, sehingga harus pandai dalam memanfaatkan perkembangan tekhnologi untuk pendidikan putra-putrinya. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa salah satu alternatif pendekatan untuk mendidik anak di era tekhnologi digital ini adalah smart techno parenting. Pendekatan pendidikan ini menegaskan pentingnya untuk: 1) Mengkolaborasikan kemajuan teknologi dengan pendidikan anak, 2) Melek literasi informasi teknologi, 3) Membatasi waktu pemakaian produk tekhnologi digital, 4) Optimalisasi aktivitas positif, 5) Selektif memilih media untuk anak, 6) Monitoring lingkungan, baik  di dunia maya maupun di sekitarnya.

Abstrak
This research is a literature review that reveals how to educate and prepare children in the era of digital technology. The digital age is a challenge for parents in educating their sons and daughters, so they must be clever in utilizing technological developments for the education of their children. The results of this study confirm that one alternative approach to educating children in the era of digital technology is smart techno parenting. This educational approach emphasizes the importance of: 1) Collaborating on technological progress with children's education, 2) Literacy literacy of information technology, 3) Limiting the time to use digital technology products, 4) Optimizing positive activities, 5) Selectively in choosing media for children, 6) Environmental monitoring, and both in cyberspace and around them.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 790–803.

Baharun, H., & Maryam, S. (2019). Building Character Education Using Three Matra of Hasan al-Banna’s Perspective in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam 4, 4(2), 51–62. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2422

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 42–51.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38–50.

Herlina, D., & Setiawan, B. G. J. A. (2018). DIGITAL PARENTING MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL. (Novi Kurnia, Ed.) (1st ed.). Yokyakarta: Samudra Biru.

Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman nilai-nilai agama dalam pendidikan anak di era digital. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 02(01), 72–90.

Watie, E. E. D. (2014). Implementasi smart Parenting untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Lembaga PAUD.

Hefniy. (2017). Membangun Pendidikan Berbasis Islam Nusantara (Pendidikan Berbasis Karakter Atau Akhlakul Karimah??). Jurnal ISlam, 1(1), 36–42.

Astuti, H. P. (2013). Smart Parenting?: Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Kreativitas Anak Di Kelurahan Banjarjo, Boja, Kendal. Rekayasa, 11(2), 117–126.

Harto, K. (2018). TANTANGAN DOSEN PTKI DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1-15. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/159

Kurniawan, H. (2018). Panduan Praktis Cara Terbaik Mendidik Anak Dalam Mengatasi Berbagai Persoalan. (Esti Utami, Ed.) (1st ed.). Sidoarjo: Media Cerdas.

Ilmy, A. N., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Urgensi Keterlibatan Wali Asuh Dalam Dinamika Pendidikan di Pesantren. Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 45.

Mubara, K. (2017). Smart Mom Funtuk Generasi Smart. (Dyas, Ed.). Yokyakarta: DIVA Press.

Muali, C., Islam, S., El, M., & Bali, I. (2018). Free Online Learning Based On Rich Internet Applications?; The Experimentation Of Critical Thinking About Student Learning Style Free Online Learning Based On Rich Internet Applications?; The Experimentation Of Critical Thinking About Student Learning Style.

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia.

Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital , Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 53–77.

Mumtahanah, N. (2015). Pengembangan Sistem Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 1–17.

Muslima (2015). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN FINANSIAL ANAK Muslima. Gender Equlity: International Journal Of Child and Gender Studies, 1(1), 85–98.

Faisal, N. (2016). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Era Digital. An-Nisa’, IX(2), 128.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018, August 29). INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/203

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2017). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16.

Rahmat, S. T. (2018). POLA ASUH YANG EFEKTIF UNTUK MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.

Published

2019-07-22

How to Cite

Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). SMART TECHNO PARENTING: ALTERNATIF PENDIDIKAN ANAK PADA ERA TEKNOLOGI DIGITAL. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625