Model Pembelajaran Ushul Fiqih Berdimenasi Soft Skils

  • Syamsul Arifin universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Ushul Fiqh, Soft Skills, Pembelajaran, Model

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menggali karakteristik Ushul Fiqh dari aspek epistemologi dan ontologi dan selanjutnya mendeskripsikan model pembelajarannya yang berdimensi soft skill. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bahwa Ushul Fiqh sebagai ilmu pengetahuan yang memiliki potensi laten untuk mengembangkan soft skill peserta didik. Kedua, Ushul Fiqh yang dinilai sebagai induk ilmu pengetahuan Islam memiliki peran sentral dalam mewujudkan Islam sebagai agama yang rahmat dan humanis. Dari aspek epistemologis, pendekatan Ushul Fiqh yang humanistik bukan saja akan melahirkan hukum-hukum Islam yang “berpihak” pada manusia, lebih dari itu, mampu membentuk manusia yang humanis. Ketiga, Pengembangan soft skill melalui pembelajaran Ushul Fiqh dirasakan efektif dengan strategi pembelajaran Value Clarification Learning, Active Learning, dan Contextual Teaching and Learning. Selain itu, Pemilihan contoh-contoh ayat-ayat Al-Qur’an yang mendukung aktualisasi nilai tersebut dan keberanian memberikan makna pada setiap pokok-pokok bahasan ushul Fiqh. menjadi salah satu kunci pencapaian terwujudnya perilaku baru bagi individu. 

Abstract

The purpose of this study is to explore the characteristics of Ushul Fiqh from the epistemological and ontological aspects and then to describe the learning model that has the dimensions of soft skills. The results of the study show that: First, Ushul Fiqh is a science that has latent potential to develop soft skills of students. Second, Ushul Fiqh which is considered as the Queen of Islamic science has a central role in realizing Islam as a religion of grace and humanity. From the epistemological aspect, the humanistic approach of Usul Fiqh will not only give birth to Islamic laws that "take sides" with humans, more than that, capable of forming humanists. Third, the development of soft skills through Ushul Fiqh learning was felt to be effective with the learning strategies of Value Clarification Learning, Active Learning, and Contextual Teaching and Leaning. In addition, the selection of examples of verses from the Qur'an that support the actualization of these values and the courage to give meaning to each of the subjects of Ushul fiqh. become one of the keys to achieving new behaviours for individuals.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Khozin Nasuha, “Epistemologi Ushul Fiqh” dalam Al-Risalah Vol. 12 no. 1 maei 2012

Abdul Wahhab Khallaf, Kaidah-kaidah Hukum Islam (ilmu Ushul Fiqh), (terj) Nur Iskandar dkk.(Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993)

Abu Zahrah, Ushul Fiqh (Bairut: Dâiratul Ma’aârif, t.th) hal 3

Bandura, (1977), Socail Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ. Printice-Hall

Cliffort T. Morgan, Introduction to Psycology (New York: The Mc Grow Hill Book Compeny, 1961)

Goerge F. Kneller, Introduction to The Philosophy of Education(Los Angeles, University of California: John Wiley & Sons, Inc., 1971)

Gredler Margaret E, (1992). Learning Instruction Theory into Practice (Second Edition). New York. Macmillan Publishing Company

Lyle E. Bourne Yr, Bruce RE, Psycology (New York:The Dryden Press, 1979)

Marzali, A (2003). Perdebatan dalam Konflik : sebuah Analisis Sosio Ekonomi terhadap Kekerasan di Kalimantan” dalam Konflik Komunal di Indonesia saat ini (terj), Asy’ary. Leiden-Jakarta: INIS-PBB

Muhammad Salahuddin “Menuju Hukum Inklusif Humanistik Analisis Pemikiran Jasser Auda tentang Maqâsid Al-Syariah” dalam Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, Vol. 16 no. 1 Juni2012

Mustaqim, Psikology Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Peserta didik, 2001)

Rosenthal T.L. & Bandura, A. (1978). Psychology Modeling: Theory and Practice” in S.L. Garfield & A.E. Begia IEds). Land Book of Psycoterapy and Behavior Change: An Empiricial Analysis (2nd ed., pp. 621-658) New York. Wiley

Said Aqil Siraj, Islam Kebangsaan Fiqih Demokrat Kaum Santri (Jakarta: Pustaka Ciganjur,1999)

Shofiyullah Muzammil, “Perjalanan Panjang Ushul Fikih: Dari Imam Syafi’i Sampai Jasser Auda” Makalah yang dipresentasikan pada Acara AICIS ke-13 19 November 2013 di Hotel Senggigi Lombok Barat.

Suseno, F.M. (1998), Mencari makna Kebangsaan, Yogyakarta : Kanisius

Syamsul Arifin dan Lukman Hakim “Manajemen Kelas Berbasis Character Building di Jurusan Pendidikan Matematika FITP IAIN Mataram dalam Masnun dkk, Antologi Hasil Penelitian Islam dalam Pergumulan Lokalitas & Institusi Pendidikan (Mataram: LP2M IAIN Mataram, 2013)

Tim Revisi Pedoman Penyelenggarakan Pendidikan IAIN Mataram 2011/2012, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan IAIN M ataram(Mataram: IAIN Mataram, 2011)

Published
2019-12-10
How to Cite
Arifin, S. (2019). Model Pembelajaran Ushul Fiqih Berdimenasi Soft Skils. Jurnal Tatsqif, 17(2), 131-148. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.974