Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi metode pembelajaran think pair share dan take and give terhadap kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar kimia siswa SMAN 7 Mataram. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas MIPA SMAN 7 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, dengan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument berupa lembar observasi untuk kemampuan berkomunikasi dan lembar tes untuk hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a). nilai sig. 0,044 < 0,05 artinya ada perbedaan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar kimia dengan kombinasi metode pembelajaran think pair share dan take and give secara multivariate, b). Nilai sig. 0,017 < 0,05 artinya ada perbedaan signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi yang diajarkan dengan kombinasi metode pembelajaran think pair share dan take and give pada siswa yang diajarkan dengan metode konvensional terhadap variabel kemampuan berkomunikasi, c). Nilai sig 0,162 > 0,05 artinya tidak ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kimia yang diajarkan dengan kombinasi metode think pair share dan take and give dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional terhadap variabel hasil belajar.

Keywords

Think Pair Share Take and Give Kemampuan Berkomunikasi Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Sa’baniyah, N., Raehanah, R., & Riyandari, B. A. (2022). PENGARUH KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM: THE EFFECT OF THINK PAIR SHARE AND TAKE AND GIVE LEARNING METHODS COMBINATION ON COMMUNICATION ABILITY AND CHEMICAL LEARNING OUTCOMES OF CLASS X STUDENTS SMAN 7 MATARAM. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 4(2). https://doi.org/10.20414/spin.v4i2.5177

References

  1. Agustina, L. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang. (Skripsi). UIN Raden Fatah Palembang. Palembang.
  2. Amni, Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi). UIN Mataram. Mataram.
  3. Aprianingsih, E. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Kimia Kelas X SMAN Brang Rea Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi) UIN Mataram. Mataram.
  4. Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  5. Ikawati, H. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy. 4 (2). 50-55. https://doi.org/10.33394/jp.v4i2.3025
  6. Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., Sukardjo, J. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidkan Kimia. 4(2). 65-73.
  7. Jannah, R., Saputro, A. N. C., & Yamtinah, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Disertai Buku Saku Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Gondangrenjon. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(4). 19-23.
  8. Namira, D. 19 Juli 2021. Wawancara. Mataram. SMAN 7 Mataram.
  9. Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
  10. Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Menajemen. 1 (2). 118-124.
  11. Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  12. Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
  13. Shoimin. (2018). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  14. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  16. Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6 (1). 111-120. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Most read articles by the same author(s)